Jl. Pemuda No.18, Olo, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat

 Telepon: (0751) 8452772

Berita


WISUDA XVI STIKES YPAK PADANG

PADANG - STikes YPAK Padang mewisuda 62 lulusannya pada Wisuda ke 16 yang berlangsung pada hari Rabu, Tanggal 18 Desember 2019, bertempat di Kyriad Bumiminang Hotel Padang. Mereka yang diwisuda masing-masing Program Profesi Ners 32 orang dan S1 keperawatan 15 orang dan DIII Kebidanan 15 orang.

Ketua Yayasan Pendidikan Amanah Kesehatan, Hj. Emma Yohana, usai prosesi Wisuda mengatakan para lulusan STikes YPAK harus siap terjun kemasyarakat, sebagai pelayan di bidang Kesehatan.

“Pemerintah pun berharap setiap lulusan tenaga kesehatan tidak hanya mengobati sakit tapi bagaimana agar orang tidak sakit, ntuk itu perlu pembekalan kepada Masyarakat, bagaimana agar mereka tidak sakit, contohnya dengan menerapkan pola hidup sehat, bagaimana sanitasi yang baik dan hal lain berkaitan dengan kesehatan. Di sini peran petugas kesehatan,” terang Hj Emma Yohanna.

“Secara umum, tak ada yang berbeda dari lulusan Stikes YPAK dengan lulusan Sekolah Kesehatan lain, namun secara khusus lulusan di Stikes YPAK, telah banyak melakukan Program Pengabdian Masyarakat. “Program Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memberi pengalaman kepada Mahasiswa. Ketika lulus dan turun sebagai petugas kesehatan mereka sudah tidak canggung melayani Masyarakat,” demikian yang disampaikan Hj. Emma Yohanna.

Ketua STikes YPAK Padang,  Ns. Chichi Hafifa Transyah, M. Kep menjelaskan saat ini jumlah lulusan lebih dari 1000 orang, mereka tersebar di seluruh Kabupaten Kota di Sumbar, Riau, Kepri, Bengkulu, Jambi dan sejumlah provinsi di Indonesia.

“Untuk para pengajar sebagian besar sudah berpendidikan Magister Keperawatan, Kebidanan dan Kesehatan Masyarakat, mereka sudah memiliki jabatan fungsional dan punya sertifikat pendidik sebanyak enam orang,” ujarnya.

Dijelaskannya, saat ini Stikes YPAK Padang sudah memiliki Akreditasi Institusi dengan peringkat B. Akreditasi Prodi S1 Keperawatan dan ners dengan peringkat B dan prodi DIII Kebidanan peringkat B, kemudian untuk memperluas kemitraan Kampus dan wilayah praktik Mahasiswa Stikes YPAK saat ini sudah menjali kerjasama dengan Rumah Sakit di Padang,  Rumah Sakit Daerah, Dinas Kesehatan, Puskesmas, Bidan Praktik Mandiri.

“Kami juga sudah bekerjasama dengan Universitas Terbuka, untuk perkuliahan dengan sistim daring,” sebut Chichi. Prestasi lainnya yang diraih STikes YPAK lulus uji kompetensi tahun 2019 dari Prodi Ners untuk periode ke-2, meraih peringkat 3 di wilayah AIPNI Regional 3 yakni 80 persen.

Untuk lulusan Chichi berpesan,  keberhasilan mereka menyelesaikan studi di Stikes YPAK adalah berkat usaha dan kerja keras lulusan. Mereka telah sungguh-sungguh dan berhasil melewati masa- masa sulit yang penuh tantangan.

Pada kesempatan itu, Chichi mengucapkan terima kasih kepada  Ketua  Yayasan  YPAK,  Hj. Emma  Yohanna, karena telah memberikan dukungan dan kesempatan kepada Stikes YPAK untuk bergerak maju ke arah yang lebih baik. Selain itu Chichi juga menyampaikan terima kasih kepada LLDIKTI WIlayah X Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri, karena selalu memberi arahan kepada Stikes YPAK sehingga menjadi lebih baik.

“Terima kasih juga kami sampaikan kepada jajaran dinas kesehatan, alumni, staf dosen dan pendidikan, mahasiswa adn orangtua. Terima kasih atas kehadirannya pada wisuda ke-16 ini,” pungkasnya.