Jl. S Parman No. 120, Padang Utara, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat

 Telepon: (0751) 40789

Berita


WISUDA STIKES YPAK PADANG

Sebanyak 74 mahasiswa dan mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Yayasan Pendidikan Amanah Kesehatan (YPAK) Padang yang terdiri dari 37 lulusan S-1 Keperawatan dan 37 lulusan D-III Kebidanan melaksanakan wisuda ke delapan dan sembilan di Pagaruyung Room, Rocky Hotel, Jalan Permindo, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (28/10/2017) pagi.

Dalam kata sambutannya, Ketua YPAK Padang, Hj Emma Yohanna menyampaikan bahwa lulusan dari sekolah kesehatan yang dipimpinnya harus mampu bersaing di dunia kerja.

“Untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), persaingan tidak lagi antar sesama anak bangsa, melainkan juga melibatkan orang dari negara tetangga. Hendaknya, ilmu yang dimiliki dan didapatkan bisa diimplementasikan secara kongkrit dan mampu bersaing agar tidak ketinggalan di masa yang akan datang,” tutur Emma.

Saat ini, STIKes YPAK Padang telah meluluskan 548 lulusan program S-1 Keperawatan, 774 program D-3 Kebidanan. Sebagian besar dari almamater telah bekerja sebagai abdi kesehatan tidak hanya di Sumatera Barat, melainkan juga telah dipercaya hingga ke Kepulauan Riau, Riau, Jambi, Jabodetabek, bahkan hingga ke Indonesia Timur, seperti provinsi Maluku.

Pada program Studi S-1 Keperawatan, pada wisuda ini menghasilkan tiga lulusan terbaik. Terbaik pertama diraih oleh Suci Lestari dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,94. Diikuti oleh Eci Oktaviani dengan IPK 3,93 dan terbaik ketiga yang ditempati oleh Sellina Putri yang meraih nilai 3,84.

Untuk program Studi D-3 Kebidanan, juga terdapat tiga nama yang menjadi pemuncak. Diantaranya, Amelia Saputri dengan IPK 3,78, Puja Putri Utami 3,62 dan disusul oleh Indah Novia Dwi Wulandari yang meraih nilai 3,58.

 “Kepada lulusan terbaik, kami dari manajemen STIKes YPAK Padang menyampaikan ucapan selamat atas prestasi yang telah diraih, sehingga ilmu yang didapat dapat diamalkan dan diimplementasikan kepada masyarakat yang membutuhkan sesuai di bidang keahlian masing-masing,” ucap Ketua STIKes YPAK Padang, H Muharnas, SKM, M. QIH.

Di kesempatan itu, Muharnas juga menyampaikan tiga poin penting yang diamanahkan kepada para wisudawan dan wisudawati STIKes YPAK Padang. Empat item tersebut diantaranya adalah dengan membentuk ikatan keluarga alumni bagi yang belum terbentuk atau bergabung yang berguna untuk mempercepat proses belajar di masyarakat sekaligus mengintegrasikan gerak langkah untuk membawa nama baik yayasan dan membangun hubungan silaturrahmi antara alumni serta bersama-sama membesarkan STIKes YPAK Padang.

Kedua, mendukung program tracer study untuk mengetahui relevansi lulusan dengan dunia kerjam yaitu kesesuaian antara proses pendidikan dengan kenyataan di dunia kerja yang dikenal dengan istilah link and match.

Ketiga, menjadi pribadi yang terbuka terhadap perubahan dan perkembangan zaman melalui tips VUCA, yaitu Volatilitas. Volatilitas berarti kemampuan menghadapi sebuah kondisi yang terus berubah. Uncertainity, kemampuan menghadapi sesuatu yang tidak menentu.

Coplexity, kemampuan menghadapi sesuatu yang kompleks dan Ambiguitas, dimana almamater memiliki kemampuan menghadapi suatu kondisi dari berbagai sudut pandang.

“Kami berharap para lulusan akan menjadi orang yang sukses di masa yang akan datang,” tambahnya.

 

Sumber : http://redaksisumbar.com/hj-emma-yohanna-lulusan-stikes-ypak-padang-harus-mampu-bersaing-di-dunia-kerja/